Penerimaan Siswa baru Tahun Ajaran 2017 - 2018
Rektor UNJ Bersama Para Pimpinan Labschool YP-UNJ
Layanan kegiatan pembelajaran di Labschool diselenggarakan dengan memperhatikan keberagaman kecerdasan siswa. Pengembangan keberagaman kecerdasan melalui kegiatan pembelajaran baik melalui Intra kurikuler dan Ekstra kurikuler telah melahirkan berbagai prestasi akademik/non akademik baik di tingkat nasional maupun internasional.
Pada hakikatnya anak itu unik, mengekspresikan perilakunya secara relatif spontan, bersifat aktif dan energik, egosentris, memiliki rasa ingin tahu yang kuat, antusias terhadap banyak hal, bersifat eksploratif dan berjiwa petualang, kaya dengan fantasi, mudah frustrasi, dan memiliki daya perhatian yang pendek. Masa anak merupakan masa belajar yang potensial.
SMP Labschool Cibubur - Juara 1 Grand Prix Festival Dancing Catalonia - Spanyol
Kebanggaan menjadi siswa ditandai dengan Labschool menjadi "Rumah Keduaku"
Sinergi Ekosistem Pendidikan menjadikan Labschool lebih bermartabat
Mempelajari kehidupan desa melalui kegiatan Trip Observasi
Harvard Model United Nations 2014

Harvard Model United Nations 2014: SMA Labschool Jakarta Satu-satunya Perwakilan Indonesia

 HMUN6-edit

Siswa mana yang tidak mengenal Universitas Harvard yang terletak nun jauh di Amerika Serikat sana. Banyak diantara peserta didik di belahan dunia ini bercita-cita ingin masuk dan diterima sebagai mahasiswa di Universitas Harvard. Harvard merupakan kampus yang masuk kategori tertua di Amerika Serikat dan paling bergengsi tidak hanya di Amerika Serikat tapi seluruh dunia (di samping universitas unggul lainnya). Oleh karena itu segala macam kegiatan/konferensi/penelitian/pendidikan yang berkaitan lanngsung dengan Harvard, komunitas pedagogik pasti akan memberikan acungan jempol. Mengutip www.kompas.com (6 Maret 2013), yang menyajikan hasil pemeringkatan universitas unggul dan terbaik dunia oleh Times Higher Education (THE)dengan tajuk World Reputation Rankings,menunjukkan Universitas Harvardmenempati posisi pertama di antara ratusan ribu kampus di dunia, dengan reputasi akademik terbaik di dunia untuk tahun 2013. Begitulah gambaran betapa universitas ini menjadi dambaan para pelajar di dunia.

Kesempatan berkuliah di Harvard menjadi mimpi banyak siswa dunia, di sisi lain Universitas Harvard terus mencoba mengajak para pelajar dunia untuk mengenal Harvard secara dekat dan langsung. Setidaknya inilah pesan sebenarnya dari penyelenggaraan sebuah konferensi prestisius para pelajar SMA tingkat dunia, bernama Harvard Model United Nations (HMUN) yang saat ini sedang berlangsung, pada 30 Januari-2 Februari 2014, di Hotel Sheraton, kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. HMUN merupakan konferensi simulasi sidang PBB yang diperankan oleh para pelajar setingkat SMA dari seluruh dunia.Dalam konteks inilah Harvard Model United Nations (HMUN) menjadi event internasional paling prestisius yang diselenggarakan oleh Universitas Harvard. HMUN melibatkan peserta dari berbagai negara yang merupakan siswa sekolah menengah banyak negara di dunia. HMUN menjadi simulasi sidang PBB yang tertua dan dambaan bagi mereka yang tertarik dunia diplomasi internasional untuk mengikutinya. Oleh pelajar dunia khususnya yang mendalami dunia diplomasi dan hubungan luar negeri, HMUN dinilai sebagai Model United Nations (MUN) berkelas dunia yang menjadi paling unggulan, prestisius dan tertinggi.

Hal ini disebabkan dua hal; Pertama, karena HMUN diadakan dan dilaksanakan oleh kampus nomor satu dunia yaitu Universitas Harvard yang terletak di Amerika Serikat. Kedua adalah karena secara historis Universitas Harvard adalah lembaga yang pertama kali mengadakan simulasi model persidangan PBB. Sebelum berdirinya PBB yakni di zaman Nations League (Liga Bangsa-Bangsa), tepatnya pada tahun 1927, Universitas Harvard sukses mengadakan simulasi sidang LBB pertama kali di dunia, dengan mana Model League of Nations.

Model United Nations sebenarnya adalah sebuah konferensi yang terbuka untuk umum (mahasiswa dan siswa), khususnya bagi mereka yang berminat dan tertarik dalam dunia hubungan internasional, politik internasional, isu-isu internasional kontemporer dan dunia diplomasi umumnya. Para diplomat MUN secara bersama-sama berperan sebagai diplomat negara-negara yang menjadi anggota PBB. Bentuk MUN adalah simulasi sidang yang meniru persidangan PBB sesungguhnya. Mengikuti etika persidangan PBB, pakaian yang dikenakan, bahasa yang digunakan, masalah/isu kontemporer yang dibahas, melahirkan resolusi (laiknya Resolusi PBB), semuanya itu mengikuti code of conduct dari PBB. Para delegasi siswa berperan sebagai diplomat asing, yang melatih mereka untuk melakukan perundingan, berdebat, membuat analisis, melakukan teknik lobi, berargumen, bersosialisasi, menyatakan sikap dan membuat draf resolusi, yang semua itu dilakukan dalam bahasa Inggris.

SMA Labschool Jakarta Satu-satunya Perwakilan Indonesia dalam HMUN

Itulah sebabnya dalam perjalanannya sampai saat ini, HMUN berkembang menjadi program unggulan Universitas Harvard yang mendapat pengakuan serta apresiasi tinggi dari PBB. Dalam ajang HMUN tahun 2014 ini jumlah peserta sebanyak 3.200 delegasi, berasal dari 200 sekolah yang mewakili 36 negara di dunia. Demikian yang dilaporkan oleh Samuel H. Leiter (Sekjen HMUN 2014) dalam kata sambutannya. Indonesia adalah salah satu negara yan berpartisipasi dalam konferensi HMUN tahun ini. Dan satu-satunya sekolah yang mewakili Indonesia dalam ajang HMUN 2014 adalah SMA Labschool Jakarta. Bahkan dalam skala regional, wakil negara yang berasal dari ASEAN hanya Indonesia (SMA Labschool Jakarta) dan Singapura. Hal ini tertera dalam Buku Panduan Peserta HMUN 2014 halaman 34. Para delegasi dari SMA Labschool Jakarta yang lolos seleksi dan diterima panitia berjumlah 13 siswa yang berperan mewakili negara Republik Mikronesia;

Daftar Nama Siswa SMA Labschool Jakarta dalam HMUN 2014

No

Komite

Nama Siswa

1

Disarmament and International Security Committee

Muhammad Fauzan Malufti

Siti Hilya Nabila

2

Economic and Financial Committee

Davira Rizky Chairunnisa

3

Social, Humanitarian and Cultural Committee

Anggani Sekar Astuti Hardani

Annisa Nur Fadiah

4

Special Political and Decolonization Committee

Radhitya Arsyan Hawari

Hanif Aqil Kurniawan

5

Legal Committee

Sabila Nazlani

6

World Health Organization

Anisa Dwiputri

7

United Nations General Assembly High-Level Meeting on Arab States

Muhammad Hafiz Noer

8

Futuristic United Nations Special Summit on the Millennium Development Goals, 2015

Ditri Nurul Indah

9

United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific

Inez Savira

10

Non-Governmental Organizations Programme / WWF

Ghifary Dendadipura

  

Sedangkan 3 guru pendampingnya adalah yakni Suparno Sastro (Wakasek Bidang Akademik), Satriwan Salim (Guru PKn) dan Nur Arifah Drajati (Guru Bahasa Inggris). Ketigabelas pelajar SMA Labschool Jakarta terbut bersidang sesuai dengan komite-komite seperti DISEC, MDG's, WHO, NGO dengan masing-masing topik permasalahan, yang sudah ditentukan oleh panitia. Oleh karena itu, tentulah sangat membanggakan bagi Indonesia, bahwa ada wakil dari Indonesia yakni SMA Labschool Jakarta yang mengikuti ajang bergengsi HMUN kali ini.

HMUN4-edit  HMUN2-edit HMUN3-edit
 HMUN1-edit  HMUN7-edit  HMUN9-edit
 HMUN5-edit  HMUN10-edit  
     
 

BERITA TERBARU