Proses Pembentukkan Karakter melalui Trip Observasi
MEMPERINGATI HARI PERDAMAIAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN EKSTRAKURIKULER
Belajar menjadi pemimpin masa depan melalui sharing dengan anggota DPR
Isabella Storniolo
NIIOBS 2016
 SMA-NIIOBS 3
 

BELAJAR DAN BERTUKAR KEBUDAYAAN DENGAN NEGERI SAKURA MELALUI NIIOBS

Kerjasama antara Indonesia dengan Jepang senantiasa terus terjalin. Salah satu bentuk kerjasama antara Indonesia dengan Jepang tersebut dijalin oleh SMA Labschool Cibubur dalam kegiatan Nihon Indonesia Ibunka O Benkyou Suru atau biasa disingkat NIIOBS. NIIOBS adalah sebuah kegiatan kunjungan kebudayaan dan pendidikan yang dilakukan oleh SMA Labschool Cibubur ke beberapa tujuan tempat pendidikan yang berada di Negara Jepang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengambil nilai-nilai positif yang berada di negara tersebut untuk kemudian mengaktualiasikan nilai-nilai baik itu di Indonesia, khususnya di SMA Labschool Cibubur. Kegiatan ini juga sebagai sarana bagi siswa SMA Labschool Cibubur untuk dapat memperkaya pengetahuan siswa SMA Labschool Cibubur berkaitan dengan berbagai pengetahuan yang dapat diambil di negara Jepang tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa Jepang adalah negara dengan tingkat pendidikan terbaik pada nomor empat di Dunia. Jepang juga merupakan negara yang sangat dikenal dengan kemajuan teknologinya di Dunia ini. Bahasa Jepang merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMA Labschool Cibubur.

Kegiatan NIIOBS diisi dengan berbagai macam aktivitas; mulai dari kunjungan pendidikan ke berbagai museum yang ada di negara tersebut, kunjungan pendidikan ke sekolah untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada siswa Jepang dan Indonesia, kunjungan kampus sebagai proses pengenalan bagi siswa SMA Labschool Cibubur dan kegiatan host familly dengan masyarakat Jepang. Kegiatan ini diikuti oleh 32 siswa SMA Labschool Cibubur dan didampingi oleh 3 Orang Guru. Nagai Area, Asakusa Kannon Temple, Tokyo Skytree, Tokyo International University, Maglev Test Line Visitor adalah beberapa tujuan yang mereka kunjungi selama di Jepang. Seluruh siswa sekaligus mempraktikkan kemampuan bahasa Jepang mereka selama kegiatan ini. Penguatan kemampuan berbahasa Jepang mereka semakin kuat dengan kegiatan Host Familly. Host Familly berupa dititipkannya peserta kegiatan ini beberapa hari di rumah-rumah siswa sekolah disana, sehingga kemampuan berbahasa Jepang mereka benar-benar diuji selama aktivitas tersebut. Siswa-siswa itu diminta untuk beraktivitas layaknya penduduk Jepang.

Siswa SMA Labschool Cibubur juga berkesempatan untuk mencoba membuat berbagai macam makanan asli Jepang. Mereka dilatih untuk membuat Sushi, Tempura, dan lain-lain yang didampingi langsung oleh chef dari sebuah restoran disana.

Ali Chudori selaku kepala SMA Labschool Cibubur mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah bermanfaat bagi siswa SMA Labschool Cibubur, khususnya bagi siswa-siswa yang berencana untuk melanjutkan pendidikan di negara teknologi tersebut. Melalui kegiatan ini SMA Labschool Cibubur telah berhasil menghantarkan beberapa siswanya yang pernah mengikuti kegiatan NIIOBS untuk melanjutkan pendidikannya di beberapa kampus terkemuka di Jepang tersebut, lanjutt Ali Chudori memperkuat.

Siswa SMA Labschool Cibubur juga berkesempatan untuk menampilkan beberapa kebudayaan Indonesi di depan siswa sekolah di Jepang tersebut. Siswa SMA Labschool Cibubur dengan menggunakan udeng khas Sunda, dengan eloknya memainkan angklung dan menyanyikan beberapa lagu daerah dari Indonesia. Setelah itu, mereka berkesempatan untuk memberikan penjelasan kepada siswa SMA di Jepang itu tentang kebudayaan Indonesia dan menjelaskan tentang angklung tersebut. Dan sebagai kenang-kenangan, peserta NIIOBS ini kemudian menjadikan angklung yang telah mereka bawa itu sebagai kenang-kenangan kepada siswa SMA di Jepang tersebut.

 

BERITA TERBARU