Proses Pembentukkan Karakter melalui Trip Observasi
MEMPERINGATI HARI PERDAMAIAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN EKSTRAKURIKULER
Belajar menjadi pemimpin masa depan melalui sharing dengan anggota DPR
Isabella Storniolo
MERANCANG MASA DEPAN MELALUI PROFESIONAL DAY DAN CARIER DAY
 CARIER1
 

MERANCANG MASA DEPAN MELALUI PROFESIONAL DAY DAN CARIER DAY

                Bagi banyak siswa, menentukan masa depan adalah suatu hal yang penuh dengan misteri. Kesuksesan mereka dalam menentukan apa yang akan mereka raih pada masa depan akan menentukan sejauh apa kesuksesan akan mereka raih di masa depan itu sendiri. Sebab, agar dapat meraih kesuksesan di masa depan, tidak hanya dibutuhkan IQ yang tinggi, melainkan diperkulan juga kecerdasan memilih bagi siswa-siswa tersebut. Kesalahan memilih pilihan-pilihan masa depan, akan berakibat pada apa yang akan mereka raih di masa depan yang akan datang.

                SMA Labschool Cibubur sangat memahami tentang kegalauan banyak siswanya dalam memilih masa depan mereka masing-masing. Beberapa program pendampingan pemilihan masa depan, khususnya pasca SMA dilakukan SMA Labschool Cibubur. Berbagai program itu dibuat dengan harapan agar peserta didiknya memahami tentang potensi, bakat dan kemampuan mereka masing-masing sehingga memilih pilihan masa depan yang sesuai. Dan salah satu fase yang paling penting dalam tahapan penentuan masa depan tersebut adalah pemilihan jurusan dan universitas serta pilihan profesi yang akan mereka ambil setelah lulus dari SMA Labschool Cibubur.

                Ada yang berbeda di SMA Labschool Cibubur pada Kamis-Jumat, 26-27 Januari yang lalu. Kegiatan pembelajaran yang biasanya diisi oleh guru-guru SMA Labschool Cibubur kali ini disulap agak berbeda dengan biasanya. Bapak/Ibu guru yang biasanya mengajar, kali itu tidak bertugas seperti pada hari-hari biasanya. Kelas yang diisi oleh Bapak/Ibu guru berubah dan diisi oleh berbagai macam profesi yang ada, mulai dari Pilot, Psikolog, Dokter, Pengacara, Programer, Cheff, Pengusaha, Penggiat Public Relation, Militer hingga Design Grafis. Mereka-mereka yang sudah expert dalam bidangnya masing-masing kali ini menggantikan Bapak/Ibu guru untuk memberikan motivasi dan pengalamannya selama menggeluti bidang profesi tersebut. Para ahli itu hadir untuk memberikan berbagai materi kepada siswa SMA Labschool Cibubur yang juga bercita-cita untuk menjadi profesi-profesi tersebut. Para ahli tersebut hadir juga tidak sekadar memberikan materi juga melakukan beberapa simulasi dan praktik selama kegiatan tersebut. Di kelas Cheff, siswa diajak untuk sekaligus bejajar membuat masakan yang simpel dan dapat dinikmati ole seluruh peserta pada kelas tersebut. Pada kelas PR, Bapak Silih Agung Wasesa sebagai pembicara berhasil mendobrak pola pikir siswa yang hadir di kelas itu dan membuat para siswa semakin yakin dan terbuka terhadap profesi tersebut.

Kegiatan yang diberi nama Profesional Day ini terselenggara atas kerja sama SMA Labschool Cibubur dengan Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) SMA Labschool Cibubur. Ketua POMG SMA Labschool Cibubur, Ibu Tanti, dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini diadakan untuk memperkenalkan sekaligus memperdalam pemahaman siswa dan siswi SMA Labschool Cibubur tentang profesi yang akan mereka pilih di masa yang akan datang.

Aktivitas untuk mempersiapkan peserta didik SMA Labschool Cibubur dalam menyongsong masa depan mereka khususnya pasca SMA juga dilakukan melalui kegiatan Carier Day. Jika Profesional Day diadakan dan dikhususkan untuk siswa kelas X dan XI SMA Labschool Cibubur, maka Carier day adalah kegiatan yang diadakan untuk siswa dan siswi kelas XII. Kegiatan Carier Day berisikan penyampaian motivasi dari Dr. Satrio Soemantri Brodjonegoro yang pernah menjadi Direktur Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan Prof Arief Rachman yang juga salah satu begawan pendidikan Indonesia. Selain itu, kegiatan Carier Day ini juga berisi presentasi dari perwakilan universitas-universitas terkemuka yang ada di Indonesia, seperti Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung dan lain-lain. Disamping itu, kegiatan ini juga berisi sosialisasi tentang proses penerimaan mahasiswa baru yang akan dilakukan pada tahun ini seperti SBMPTN atau SNMPTN.

Ali Chudori, selaku Kepala SMA Labschool Cibubur mengatakan bahwa kegiatan Carier Day ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa kelas XII tentang bagaimana proses masuk di PTN yang mereka dambakan. Kegiatan ini juga diadakan agar siswa dapat menyiapkan strategi mereka masing-masing dalam memilih jurusan, fakultas atau universitas yang mereka inginkan, tambah Ali Chudori. Kegiatan ini diadakan sebagai tahapan bagi siswa yang pada beberapa hari ini akan mulai memilih PTN idaman mereka.

Prestasi SMA Labschool Cibubur pada tahun ketiga lulusannya memang bisa dikatakan gemilang pada konteks keberterimaan siswanya di PTN atau PTLN favorit. SMA Labschool Cibubur berhasil mengantarkan sekitar 40 persen siswanya di PTN-PTN yang ada di Indonesia. Target keberterimaan siswa SMA Labschool Cibubur pada tahun ini adalah diterimanya 50 persen siswa SMA Labschool Cibubur di PTN yang mereka inginkan. Disamping itu, alumni-alumni SMA Labschool Cibubur juga tersebar di sekolah-sekolah kepilotan, sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian dan Akademi TNI.


 CARIER2
 CARIER3
 

BERITA TERBARU