Proses Pembentukkan Karakter melalui Trip Observasi
MEMPERINGATI HARI PERDAMAIAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN EKSTRAKURIKULER
Belajar menjadi pemimpin masa depan melalui sharing dengan anggota DPR
Isabella Storniolo
SKUADRON 2017
 SKUADRON 2
 SKUADRON 3
 SKUADRON 4
 

PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA LABSCHOOL CIBUBUR MELALUI SKUADRON

Proses pendidikan memiliki beban yang sangat besar dalam rangka proses pembentukkan manusia Indonesia yang akan datang. Proses pendidikan yang dilakukan seharusnya tidak lagi memperhatikan aspek kecerdasan intelektual peserta didik saja, melainkan juga memperhatikan aspek pembentukkan karakter peserta didik tersebut. Proses pembelajaran pada hari ini tidak lagi menganggap bahwa proses pembelajaran adalah sebuah proses transfer of knowledge semata melainkan lebih dari itu. Proses pendidikan harus mengarahkan pada bagaimana akhirnya sekolah berhasil menjadi “pabrik-pabrik” manusia Indonesia yang sempurna dari berbagai macam dimensi, baik itu dimensi intelektual, spiritual ataupun emosional. Sehingga sekolah, yang merupakan institusi paling depan pada proses pendidikan tersebut tidak hanya selalunya memperhatikan dan menjadikan siswanya memiliki kecerdasan intelektual semata, melainkan manusia yang paripurna dari seluruh dimensi hidupnya. Sehingga akan didapatkan manusia Indonesia yang seimbang antara spiritual, intelektual dan emosinya. Melalui proses pendidikan yang mememperhatikan seluruh aspek manusia tersebut akhirnya segala permasalahan yang ada di bangsa ini akan mudah terselesaikan.

                Berbagai macam proses pembentukkan karakter manusia Indonesia dapat dilakukan di sekolah. Salah satu hal yang dilakukan oleh SMA Labschool Cibubur dalam proses pembentukkannya adalah dengan melalui kegiatan Studi Kaderisasi Unggulan Siswa Mandiri Indonesia atau yang biasa disingkat dengan SKUADRON. SKUADRON adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk membentuk mental, kedisiplinan, jiwa nasionalis, serta berbagai macam hal kepada siswa dan siswi SMA Labschool Cibubur. Pada kegiatan SKUADRON ini, SMA Labschool Cibubur bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Penerbangan dan Ruang Angkasa (LAKESPRA) Dinas Kesehatan TNI AU yang menjadi pusat pemeriksaan kesehatan bagi anggota TNI AU sejak tahun 1973 dan menjadi pusat indoktrinasi serta latihan Aerofisiologi (ILA) sejak tahun 1967. Lakespra berkedudukan di Cawang.

                Siswa SMA Labschool Cibubur pada kegiatan ini “dititipkan” kepada anggota Lakespra untuk dilatih dan dikuatkan dimensi spiritualnya dan emosionalnya oleh para perwira TNI AU yang menjadi pelatih pada Pusat Latihan tersebut. Siswa dan siswi SMA Labschool Cibubur selama lima hari dilatih layaknya para perwira TNI yang mengikuti segala proses pembinaan yang dilakukan di tempat itu. Siswa dan siswi SMA Labschool Cibubur sudah diminta bangun sejak pukul 03.00 untuk mengikuti kegiatan peribadatan seperti sholat tahajud dan sholat shubuh berjamaah serta pembacaan kitab bagi siswa nonmuslim. Pada kegiatan ini peserta mengikuti berbagai macam kegiatan seperti materi kepemimpinan, bela negara, nasionalisme, wawasan nusantara dan lain-lain. Selain itu, peserta juga mengikuti materi-materi ke Angkatan Udaraan seperti How To Fligh, Bantuan Hidup Dasar serta Psikologi Penerbangan. Peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi ruang aerofisiologi Lakespra.

                Kegiatan ini diadakan pada tanggal 10 hingga 13 April 2017. Selama empat hari itu siswa Labschool Cibubur kelas X yang menjadi peserta kegiatan ini memang diwajibkan hidup ala militer dari setiap aktivitasnya. Dr. Ali Chudori, selaku kepala SMA Labschool Cibubur berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana bagi siswa dan siswi Labschool Cibubur untuk membentuk mental dan pribadi mereka. Kegiatan SKUADRON ini adalah bukti bahwa Labschool Cibubur tidak hanya memperhatikan aspek kecerdasan siswa semata melainkan dimensi karater juga, tambah Ali Chudori.

 

BERITA TERBARU