Studi Kaderisasi Unggulan Siswa Mandiri Indonesia
Pesatren Islam Bulan Ramadhan
Asian Student Exchange Program
NIIOBS (Nihon-Indonesia Ibunka O Benkyou Suru)
Pembinaan Kesiswaan
Melatih kedisiplinan
SMA Labschool Cibubur proudly present "LABSPEED" Labschool Peace Day 2013 on 21st September 2013
Festival Budaya Jepang "NANOTENRI" 2013
OSIS DAN MPK SMA LABSCHOOL CIBUBUR
image - Copy

OSIS, MPK DAN ROHIS

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang menitik beratkan kepada pembentukkan karakter kepada siswa dan siswinya, SMA Labschool Cibubur juga menanamkan nilai-nilai tersebut melalui organisasi-organisasi yang dapat menjadi gambaran bagi siswa dalam mengelola lembaga-lembaga serupa pada tingkat nasional atau negara. Salah satu lembaga tersebut adalah OSIS. OSIS adalah replika dari pemerintah yang bertugas untuk menjalankan fungsi eksekutif. Pada level ini, siswa diajak untuk menjadi pengelola negara ini, Sebab kita tidak pernah tahu apakah ada diantara anak-anak tersebut yang pada tahun-tahun akan datang menggantikan pengelola negara ini.

Jika OSIS adalah lembaga Eksekutif, maka untuk menjalankan peran Legislatif, dibentuklah MPK. MPK atau Majelis Permusyawaratan kelas ini adalah perwakilan dari siswa-siswa di kelas. Tugas mereka adalah mengawasi tugas-tugas OSIS. Merekalah MPR nya sekolah.

Dan yang terakhir, untuk menjalankan tugas penjagaan nilai-nilai keagamaan, dibentuklah organisasi keislaman dalam bingkai Rohis. Jika OSIS bertugas sebagai eksekutif atau kepresidenan dan kementrian, MPK bertugas menjalankan tugas keligislatifan, maka Rohis bertugas menjalankan tugas MUI dalam mengawal segala aktivitas keagamaan di SMA Labschool Cibubur.

OSIS dan MPK SMA Labschool Cibubur dilantik melalui sebuah proses yang luar biasa keras. mereka yang berada pada organisasi ini adalah siswa-siswa yang telah melesati proses pemilihan dengan luar biasa ketat. Mereka setidaknya telah melewati 5 proses seleksi untuk kemudian mengakhiri segala proses tersebut melalui Lalinju. Lalinju yang biasanya diadakan pada tanggal 17 Agustus tersebut melantik para calon pengurus OSIS dan MPK yang baru saja melewati perjalanan panjang dengan lari melewati setidaknya 17 Km dari taman makam pahlawan kalibata hingga SMA Labschool Cibubur. Proses pemasangan Jas OSIS kebesaran mereka pun dilakukan oleh orang tua mereka yang telah menunggu di sekolah.