Penerimaan Siswa Baru SMA Labschool Jakarta Tahun Ajar 2018 - 2019
Rapat Kerja Guru & Karyawan SMA Labschool Jakarta
Kunjungan SMA Labschool Jakarta di Universitas Indonesia
Tim HMUN SMA Labschool Jakarta bersama duta besar Indonesia untuk Amerika Serikat
Penampilan Tim Tari Tradisional di Kementrian Sekertariat Negara
Kegiatan Lari Lintas Juang Sejauh 17 KM dalam memperingati HUT Republik Indonesia
Pengkajian Islam Remaja di Da'arut Tauhid Bandung
Kegiatan Trip Observasi
Market Day "ELDEST" Melatih Jiwa Entrepreneur SMA Labschool Jakarta
"Coffe Corner" ngobrol santai dengan alumni tentang perkuliahan
Tim Asean Student Exchange Program SMA Labschool Jakarta di Kaosiung, Taiwan
"Last Run" Lari Kenangan Siswa Kelas XII SMA Labschool Jakarta
Studi Lapangan Siswa Kelas XI di Lombok
Orkestra Gabungan Siswa SMA Labschool Jakarta dengan Mahasiswa UNJ dalam Recital Piano 2018
Penampilan Siswa SMA Labschool Jakarta dalam Recital Piano 2018
Error
  • JFolder: :files: Path is not a folder. Path: C:\xampp\htdocs\smajakarta\images\berita\studi_banding_mpk
Notice
  • There was a problem rendering your image gallery. Please make sure that the folder you are using in the Simple Image Gallery plugin tags exists and contains valid image files. The plugin could not locate the folder: images/berita/studi_banding_mpk
Trip to UK-Europe 2014

 

 Berbagi bersama Duta Besar Kerajaan Inggris Bpk Hamzah Thayeb
   

SMA Labschool Jakarta kembali mengadakan trip edukasi dan budaya ke UK tahun ini. Program trip yang selalu diadakan tiap tahunnya ini merupakan salah satu program unggulan SMA Labschool Jakarta. Dalam trip, yang dilaksanakan pada tanggal 31 Maret - 15 April 2014, para siswa melakukan beberapa kegiatan pendidikan dan budaya. Dalam hal edukasi, para siswa mengunjungi beberapa universitas ternama di UK seperti Cambridge University, Manchester University, dan Liverpool University. Selain itu mereka juga mendapatkan pajaran lebih dalam tentang budaya masyarakat Inggris dengan mengikuti kegiatan homestay dan school experience dengan sekolah Streatham and Clapham GDST Senior High School.

Seperti  tujuan utama dari trip ini yaitu membangun karakter generasi penerus bangsa yang berwawasan internasional berjiwa nusantara. Maka, trip ini diharapkan tidak hanya dapat membuat para siswa mengenal dan memahami budaya warga Inggris tapi juga lebih memperkenalkan budaya Indonesia. Pada kunjungan kali ini,para siswa SMA Labschool Jakarta memperkenalkan budaya Indonesia  dengan cara mempresentasikan tentang Indonesia, Labschool, dan menampilkan beberapa penampilan seperti penampilan akustik, tari saman, dan tari jaipong Bali. Penampilan para siswa siswi SMA Labschool Jakarta pun disambut dengan sangat meriah oleh para warga Streatham and Clapham Senior High School.

Setelah menghabiskan waktu 3 hari dan 2 malam menginap di rumah para host fam. Mereka pun mengunjungi kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di London. Pada kesempatan kali ini pula,duta besar Indonesia untuk UK, Bapak Hamzah Tayeb, beserta Atase Pendidikan, Bapak Fauzi menjamu rombongan SMA Labschool Jakarta. Walaupun sudah acap kali berkunjung ke kedutaan RI untuk UK, bapak Hamzah dan Pak Fauzi selalu meluangkan waktu untuk menghabiskan kurang lebih 1 jam untuk bertemu dan berdiskusi dengan rombongan.

Pada kunjungan ini banyak informasi-informasi dan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dan dilontarkan baik dari pihak kedutaan maupun dari pihak rombongan SMA Labschool Jakarta. Salah satu topik hangat perbincangan saat itu yaitu terkait komparasi sistem pendidikan di Indonesia dan di UK. Dengan diterapkannya kurikulum baru di Indonesia yaitu kurikulum 2013,banyak siswa yang mempertanyakan seberapa besar kurikulum pendidikan di Inggris yang diadaptasi oleh kurikulum 2013.  Pak Fauzi memberikan jawaban yang detail tentang proses pengadaptasian kurikulum luar negeri ke kurikulum di Indonesia bahwa semua atase pendidikan Indonesia di seluruh dunia selalu diundang oleh pihak kementerian Pendidikan dan Budaya untuk bersama-sama merumuskan kurikulum terbaru yang pada saat ini yaitu kurikulum 2013.

Selain itu, topik diskusi lainnya dalam kunjungan ke KBRI kali ini yaitu menyorot timbal balik hubungan bilateral antara Indonesia dan UK terutama hal-hal apa saja yang kedua negara ini telah sepakati dalam beberapa tahun belakangan ini. Bapak Hamzah memaparkan dengan lugas dan jelas bahwa ada peningkatan kerja sama dengan negara UK untuk beberapa tahun belakangan ini seperti investasi di bidang pertambangan dan perminyakan di Papua dan banyaknya program-program beasiswa yang diberikan oleh pihak UK.

Pertanyaan sedikit menyentil dilontarkan oleh salah satu siswa SMA Labschool Jakarta, Jevin (16) mempertanyakan jikalau memang kerja sama antar UK dan Indonesia sudah meningkat, namun kenyataannya banyak masyarakat UK masih belum tahu dimana Indonesia berada. Pak Hamzah pun kembali memberikan jawaban bijak bahwa hal ini memang disayangkan oleh karena itu kunjungan SMA Labschool Jakarta tiap tahunnya ke UK sangat diapresiasi karena program ini secara tidak langsung memberikan informasi yang lebih jelas tentang Indonesia.

Pin It
 

BERITA TERBARU