Studi dan Apresiasi Kepemimpinan Siswa Teladan Indonesia (SAKTI) 2012
Kaderisasi Siswa Teladan Mandiri Indonesia (Ksatria) 2012
Goes To Jogjakarta 17-20 Oktober 2012.
Lintas Juang dan Pelantikan OSIS/MPK
Goes To Bandung 16 oktober 2012
Ada berbagai macam kegiatan yang positif yang dapat dilakukan oleh Siswa di sekolah salah satunya adalah
Pembelajaran Discovery Learning
EKSTRAKURIKULER

PROFIL KEGIATAN EKSTRAKURIKULER

SMP LABSCHOOL CIBUBUR

Sekolah sebagai institusi pendidikan, sesungguhnya tidak hanya berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan siswa dalam hal-hal yang sifatnya akademis, tetapi juga berkewajiban mengembangkan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam hal-hal yang sifatnya non-akademis. Pada tataran non-akademis inilah, sekolah harus memberikan tempat bagi tumbuh-kembangnya beragam bakat dan kreativitas. Hal itu bertujuan untuk menjadi siswa bukan hanya sebagai manusia yang memiliki kebebasan berkreasi, tetapi juga memiliki budi pekerti yang baik.

SMP Labschool Cibubur, sebagai lembaga pendidikan, menyadari pentingnya hal tersebut. Salah satu aktualisasinya adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) dengan tujuan pengembanganbakat, minat, serta kreativitas yang dimiliki siswa. Pada kegiatan ekskul inilah siswa diarahkan untuk dapat memahami dan mengembangkan bakat serta kemampuannya sehingga dapat menciptakan individu yang berkarakter dan mampu mengembangkan diri sesuai keminatannya.

Salah satu kelebihan sekolah-sekolah di lingkungan Labschool adalah jumlah kegiatan ekskulnya. Selain sebagai penunjang materi kurikulum, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk menyalurkan bakat dan kreativitas siswa, sekaligus untuk mengisi waktu luang mereka. Kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan kepada siswa berjumlah 27 jenis, yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu:         

Bidang Keilmuan dan Keterampilan

Kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menjawab pikiran kritis siswa (rasa keingintahuan siswa dalam bidang-bidang tertentu)

Bidang Kesenian

Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan untuk menyalurkan bakat, minat, jiwa seni dan kreativitas

Bidang Olahraga

Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan untuk mengembangkanhobi serta bakat yang dimiliki siswa, juga untuk mengukur kemampuan siswa di bidang olahraga.


Tempat pelaksanaan kegiatan ekskul, ada yang berada di lingkungan sekolah dan ada juga yang di luar sekolah. Nantinya kegiatan ekskul yang dilaksanakan di luar sekolah secara khusus adalah ekskul yang fasilitasnya tidak ada di sekolah, sepakbola dan lain-lain.Penandaan kegiatan ekstrakurikuler berasal dari sekolah dan iuran siswa yang dibayar pada setiap awal semester. Besaran biaya kegiatan ekstrakurikuler bervariasi tergantung jenis ekskul.

Setiap kegiatan ekstrakurikuler dipandu pelatih dari luar Labschool dan pembimbing dari guru SMP Labschool Cibubur. Tugas pembimbing adalah membimbing, membina, dan mengevaluasi ekskul yang dibinanya serta melaporkan perkembangan siswa yang mengikuti kegiatan ekskul kepada wali kelas. Kegiatan ekskul secara praktis dilakukan oleh siswa dengan pengajaran dan pembimbingan oleh pelatih ekskul yang profesional dalam kebidangannya

Pada tahun Ajaran 2013-2014 sesuai dengan Kurikulum 2013, maka untuk siswa Kelas 7 diwajibkan untuk mengikuti ekskul Pramuka dan diizinkan untuk mengikuti ekskul yang lainnya.. Kegiatan ekskul, diwajibkan pada setiap siswa kelas 8 dan 9 untuk mengikuti paling sedikit satu kegiatan ekstrakurikuler.

Berikut ini adalah deskripsi/profil singkat masing-masing kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP Labschool Cibubur.

 

BIDANG KEILMUAN DAN KETERAMPILAN

 

English Club

English Club adalah kegiatan ektrakurikuler Bahasa Inggris yang bertujuan agar siswa dapat memperdalam keterampilan berbahasa Inggris, seperti reading, writing, speaking, dan listening. Kegiatan-kegiatan yang ada di ekskul ini adalah spelling bee, storytelling, menonton film Bahasa Inggris, speech, news reading, English drma, poem reading, dan lain-lain.

Salah satu contoh kegiatan yang pernah dilakukan adalah spelling Bee. Siswa diperlihatkan diperlihatkan film megenai Spelling Bee, kemudian siswa mempelajari teknik dalam kompetesi tersebut, seperti mempelajari kosa kata, arti kata, dan cara mengejanya. terakhir siswa mensimulasikan lomba spelling bee. Ekskul ini diharapkan dapat mewakili sekolah dalam lomba-lomba Bahasa Inggris tingkat sekolah, wilayah, Nasional, bahkan tingkat Internasional.

Prestasi yang pernah diraih adalah

  • Juara 1, untuk Lomba Spelling Bee di SMA Nasional 1.
  • Juara 1 dan 3, untuk Lomba Spelling Bee di At-Taqwa College Jakarta pada tahun 2013.
  • Juara 1 dan 2, untuk Lomba Spelling Bee di An-Nahl Islamic School pada 2013.
  • Juara 1 dan 3, untuk Lomba Spelling Bee di At-Taqwa College Jakarta pada tahun 2013.
  • Juara 2 dan 3, untuk Lomba Speech di At-Taqwa College Jakarta pada tahun 2013.
  • Juara 1, untuk Lomba Speech Contest di Festival Vintage 2013 SMA 5 Kota Bekasi pada tahun 2013.
  • Juara 1, untuk Lomba New Casting di Festival Vintage 2013 SMA 5 Kota Bekasi pada tahun 2013.
  1. Bahasa Perancis

Klub bahasa Perancis adalah ekstrakurikuler bagi siswa yang menyukai budaya dan bahasa Perancis. Tujuannya adalah memberi pengetahuan mengenai bahasa dan budaya Perancis. Dengan bimbingan pelatih yang professional, diharapkan siswa yang mengikuti ekskul ini dapat memiliki pengetahuan dan info mengenai bahasa dan budaya Perancis.

  1. Bahasa Jepang

Klub bahasa Jepang adalah ekstrakurikuler bagi siswa yang menyukai budaya dan bahasa Jepang. Tujuannya adalah memberi pengetahuan mengenai bahasa dan budaya Jepang. Pada ekskul ini siswa diajarkan penulisan huruf katakana, hiragana, kanji dan romanji, dan berbagai budaya jepang lainnya seperti origami, ikebana, dan lain-lain.

Ekskul Bahasa Jepang ini dilatih oleh pelatih yang professional dari Japan Foundation. Dengan bimbingan pelatih yang professional, diharapkan siswa yang mengikuti ekskul ini dapat memiliki pengetahuan dan info mengenai bahasa dan budaya Jepang.

Prestasi yang pernah diraih, yaitu

  • Juara 3, pada Lomba Shudo di Jiyu Matsuri UNJ pada tahun 2013.
  1. Pramuka

Pramuka (Praja Muda Karana) adalah ekstrakurikuler wajib untuk siswa kelas 7 SMP Labschool Cibubur. Tingkatan untuk siswa kelas 7 adalah penggalang. Setiap anggota pramuka Penggalang dikelompokkan dalam 1 regu yang terdiri atas 10 orang. Setiap regu memiliki pimpinan regu dan memiliki nama regu, biasanya regu laki-laki memakai nama hewan, regu perempuan memakai nama bunga.

Kegiatan pramuka Penggalang, yaitu tali-temali, sandi morse, semaphore, berkemah, yel-yel, penjelajahan, dan lain-lain. Dengan bimbingan pelatih yang professional, diharapkan siswa yang mengikuti ekskul ini dapat memiliki pengetahuan dan kemampuan mengenai kegiatan pramuka dan dapat mengikuti berbagai perlombaan dalam tingkat gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang, atau bahkan sampai kwartir Nasional.

  1. Paskibra

Ektrakurikuler Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) melatih para siswa agar memiliki kemampuan dalam senin baris-berbaris serta memiliki kedisplinan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ekskul ini dibimbing langsung oleh pelatih professional sehingga diharpkan peserta ekskul ini memiliki kemampuan yang baik dalam seni peraturan baris-berbaris (PBB).

Latihan baris-berbaris sangat dibutuhkan dalam upacara di sekolah, seperti upacara pengibaran bendera setiap hari Senin dan upacara perayaan hari-hari besar nasional. Oleh karena itu, kegiatan dalam ekskul ini memiliki peranan penting dalam kelancaran kegiatan sekolah.

  1. Palang Merah Remaja (PMR)

Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpusat di sekolah atau kelompok masyarakat. PMR bertujuan memberitahukan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kegiatan kemanusiaan.

Kegiatan yang dilakukan dalam ekskul ini adalah kegiatan yang bermanfaat untuk siswa, membentuk sikap kepemimpinan, sikap peduli, melatih kerjasama, dan lain-lain. Kegiatan yang dilakukan adalah belajar membuat tandu, pengenalan obat-obatan, pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), praktek penanganan korban, mengenali berbagai pengakit dan fungsi obat, dan lain sebagainya.

  1. Kelompok Ilmiah Remaja (KIR)

Kelompok Ilmiah Remaja SMP Labschool Cibubur dengan nama Labs Brain merupakan wadah bagi siswa SMP Labschool Cibubur untuk mengembangkan minat dan bakat siswa dalah bidang Sains.

Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan eksperimen sederhana secara rutin, pelatihan pembuatan laporan ilmiah, latihan presentasi, dan pembuatan produk-produk berbasis teknologi. Labs Brain juga mengadakan kegiatan trip sebagai sarana hiburan, latihan eksperimen bagi siswa, dan sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Diharapkan siswa akan lebih siap untuk mengikuti berbagai perlombaan penulisan karya tulis ilmiah, kegiatan penelitian, dan lomba sains lainnya.

  1. Kuliner

Kuliner merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang digemari oleh siswa SMP Labschool Cibubur. Ekskul ini sangat cocok bagi siswa memiliki minat atau bakat atau ingin menjadi Chef yang terkenal. Kegiatan yang dilakukan dalam ekskul ini adalah memasak, latihan mengembalikan kebersihan alat seperti semula, mengenal alat-alat dapur, dan macam-macam pisau.

Kegiatan ekskul ini dibimbing oleh pelatih yang berpengalaman, sehingga diharapkan siswa dapat mengikuti dan meraih prestasi dari lomba yang diikuti.

  1. Jurnalistik

Jurnalistik merupakan kegiatan ektrakurikuler yang berada di SMP Labschool Cibubur. Kegiatan ekskul ini dibimbing oleh pelatih yang berpengalaman. Kegiatan jurnalistik ini meliputi mencari berita, mengolah berita, menyebarluaskan berita dalam kondisi yang sebenarnya. Selain itu ekskul jurnalistik juga membuat mading, bulletin, dan majalah. Kegiatan jurnalistik akan diperluas, yaitu berkunjung ke sebuah stasiun tv, sehingga peserta ekskul ini dapat mempelajari kegiatan jurnalistik yang terjadi disana.

Prestasi yang pernah dicapai ekskul ini adalah

  • Juara 1, untuk Lomba Koran Dinding di Art Culture Education Exhibiton (ACEX) Labschool Kebayoran
  1. Komputer

Komputer adalah salah satu ektrakurikuler yang diminati oleh siswa SMP Labschool Cibubur. Siswa yang suka otak-atik menggunakan computer, cocok untuk mengikuti ekskul ini sehingga minat dan bakat siswa dapat tersalurkan. Di dalam ekskul ini kegiatan yang dilakukan adalah melakukan video editing, membuat website, dan membuat animasi menggunakan Macromedia Flash. Kegiatan ekskul ini dibimbing oleh pelatih yang berpengalaman, sehingga diharapkan siswa dapat mengikuti dan meraih prestasi dari lomba yang diikuti.

  1. Fotografi

Fotografi merupakan gambaran momen atau sebuah kejadian. Foto juga merupakan sebuah produk seni yang dihasilkan melalui penguasaan teknik dalam penggunaan kamera. Ekskul ini sangat cocok bagi siswa yang memiliki bakat dan hobi dalam menangkap momen berbagai kegiatan serta ketertarikan dalam teknik-teknik menggunakan kamera.

Kegiatan ekskul ini memberikan berbagai pengetahuan dan teknik dasar dalam fotografi, sehingga siswa memiliki keahlian dalam melakukan kegiatan fotografi. Ekskul fotografi menyajikan teori-teori dalam teknik fotografi, juga melaksanakan praktik fotografi yang dilaksanakan di dalam maupun di luar sekolah.

  1. Robotik

Robotik merupakan salah satu ekstrakurikuler yang diminati oleh siswa SMP Labschool Cibubur. Dalam ekskul ini peserta dikenalkan berbagai macam jenis robot. Peserta juga dibimbing untuk membuat robot sederhana dengan menggunakan alat dan bahan yang sederhana pula. Dengan bimbingan pelatih yang professional, diharapkan siswa dapat membawa harum nama sekolah dengan mengikuti dan berprestasi dalam berbagai lomba.

  1. Baca Tulis Al-Quran

Sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam. Untuk menambah pengetahuan tentang Islam dan ketaatan kepada Allah SWT terutama dalam kegiatan baca tulis Al-Quran, SMP Labschool Cibubur akan mengadakan ekskul ini. Kegiatan yang akan dilakukan antara lain, seni membaca Al-Quran, seni kaligrafi, dan kajian Al-Quran.

  1. BIDANG KESENIAN
  2. Paduan Suara

Seni olah vocal yang dialunkan dengan merdu dan teratur dapat melahirkan rasa keindahan. Bernyanyi bersama-sama dalam beberapa suara yang dipadukan merupakan kegiatan yang dibimbing dalam ekskul paduan Suara SMP Labschool Cibubur.

Siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang senin suara dibimbing oleh pelatih yang professional sehingga diharapkan siswa mampu menyanyikan lagu dan memiliki penghayatan yang baik. Paduan Suara SMP Labschool Cibubur sering ditampilkan dalam berbagai kegiatan, seperti kegiatan upacara maupun peringatan hari besar nasional.

  1. Tari Tradisional

Seni tari tradisional merupakan wadah bagi para siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang olah gerak tubuh yang terwujud dalam sebuah gerakan yang teratur dan indah pada sebuah tarian yang berasal dari budaya Indonesia.

Ekskul tari tradisional sering menjadi pengisi acara di berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Labschool. Kegiatan dalam ekskul ini juga merupakan bagian dari peranan aktif siswa dalam mempelajari dan melestarikan budaya bangsa Indonesia. Prestasi yang pernah dicapai ekskul ini, yaitu:

  • Juara 3 pada event Internasional, yaitu Folklore di Fethiye Turki.
  • Juara 2, Lomba Tari Tradisional di FLS2N Kota Bekasi tahun 2013.
  • Juara 2, Lomba Lomba Tari Tradisional di INLABS tahun 2013.
  1. Free Style Dance

Free style dance adalah jenis tarian yang dikombinasikan dengan gerak tubuh yang tidak dibatasi dengan jenis tarian dan music tertentu. Ekstrakurikuler ini merupakan tarian yang dapat menggabungkan semua jenis tarian, bisa tari tradisonal, modern dance, jazzy, tango, salsa, dan lain sebagainya.

Ekskul ini yang tidak memerlukan latihan dan rencana ketika ingin tampil pada suatu acara, karena sang penari bisa mengembangkan jenis tari dan gerakan sesuai dengan alunan musik tertentu. Diharapkan dengan adanya ekskul ini bisa menambah kreatifitas dan inovasi dari para siswa yang mengikuti ekskul ini sehingga bisa tampil dalam acara di dalam maupun di luar Labschool.

  1. Lukis

Ekstrakurikuler Lukis adalah salah satu ekskul yang diminati oleh siswa SMP Labschool Cibubur. Siswa yang memiliki bakat dan minat dalam hal menggambar atau melukis sangat cocok untuk mengikuti ekskul ini. Dengan bimbingan pelatih yang berpengalaman, diharapkan siswa dapat mengikuti berbagai lomba dan berhasil membawa harum nama sekolah.

  1. Mural

Mural adalah teknik melukis atau menggambar di tembok-tembok besar. Dengan adanya mural, tembok-tembok yang sebelumnya terlihat monoton menjadi sangat menarik dan indah dipandang mata. Ekskul ini sangat cocok untuk siswa yang kreatif dalam menciptakan gambar-gambar yang sesuai. Dengan bimbingan pelatih yang berpengalaman, diharapkan siswa dapat memiliki keberanian dan kreatifitas yang tinggi dalam mural dan dapat mengikuti lomba-lomba yang diadakan.

  1. Teater

Ekstrakurikuler teater merupakan ekskul baru yang akan dibuka di SMP Labschool Cibubur. Kegiatan yang dilakukan dalam ekskul ini adalah latihan olah vocal, latihan olah tubuh dan jiwa (penghayatan), latihan monolong. latihan musikalisasi puisi, dan produksi pementasan drama.

Ekskul ini akan mendatangkan pelatih yang berpengalaman di bidangnya sehingga ia dapat membimbing siswa SMP Labschool Cibubur dalam kegiatan teater. Diharapkan ekskul ini bisa tampil dalam acara atau kegiatan dalam maupun luar SMP Labschool Cibubur dan dapat membawa prestasi untuk sekolah.

  1. Angklung

Angklung merupakan alat musik Jawa Barat. SMP Labschool Cibubur merupakan salah satu sekolah yang terletak di Jawa Barat, akan memfasilitasi siswa SMP Labschool Cibubur untuk mengikuti ekskul angklung. Kegiatan yang akan dilakukan adalah memainkan alat musik angklung dengan irama-irama tertentu dan dapat dikombinasikan dengan alat musik lainnya. Diharapkan dengan adanya ekskul angklung ini bisa tampil dalam acara atau kegiatan dalam maupun luar SMP Labschool Cibubur dan dapat membawa prestasi untuk sekolah.

  1. Perkusi

Memainkan alat musik bersama-sama memang sangat menyenangkan. Bagi para siswa SMP Labschool Cibubur yang memiliki minat dan bakat dalam bidang musik dihadirkan ekskul perkusi. Kegiatan ekskul perkusi ini adalah permainan alat musik dapur, permainan menggunaan stick yang bervariasi, dan pengenalan irama musik tradisional maupun internasional. Melalui ekskul ini, peserta dilatih untuk memainkan perkusi dengan benar sehingga menghasikan harmonisasi suara yang indah menarik untuk didengar.

  1. BIDANG OLAHRAGA
  2. Basket

Basket merupakan salah satu kegiatan ekskul di SMP Labschool Cibubur yang paling banyak diminati. Pelatih yang berkompeten dan professional dalam membimbing siswa dalam melakukan latihan ekskul basket ini.

SMP Labschool Cibubur memiliki lapangan basket indoor dan outdoor sehingga dalam pelaksanaan ekskul ini tidak dipengaruhi oleh cuaca. Melalui ekskul basket ini diharapkan SMP Labschool Cibubur dapat menciptakan atlet yang dapat berprestasi dan membawa nama baik sekolah, baik di tingkat Nasional maupun Internasional.

  1. Futsal

Futsal merupakan perkembangan dari olahraga sepak bola. Futsal sangat digemari oleh semua kalangan, yaitu dari muda sampai tua. Karena minat dan bakat siswa SMP Labschool Cibubur yang cukup besar, maka SMP Labschool Cibubur memfasilitasi sebuah Hall dengan lapangan futsal beserta pelatih yang professional. Dengan adanya ekskul futsal ini diharapkan dapat tersalurkannya hobi para siswa terutama siswa laki-laki dan dapat juga membawa prestasi dalam berbagai kompetisi yang diikuti.

  1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang paling digemari oleh rakyat Indonesia. Dari kalangan tua sampai muda sangat menggemarinya dan sudah banyak prestasi yang didapatkan Negeri ini dari olahraga cabang bulu tangkis. Sehingga SMP Labschool Cibubur memfasilitasi ekskul ini dengan hall dengan lapangan bulu tangkis didalamnya serta dilatih oleh pelatih yang professional.

Dengan adanya ekskul ini diharapkan dapat tersalurkannya hobi siswa SMP Labschool Cibubur dan diharapkan dapat membawa prestasi dalam kompetisi bulu tangkis yang diikuti.

  1. Voli

Voli merupakan salah satu olahraga yang berkembang baik di Indonesia. Sehingga tak heran banyak orang yang menggemarinya. SMP Labschool Cibubur memfasilitasi untuk ekskul voli ini yaitu berupa hall yang berisi lapangan voli di dalamnya. Dengan adanya ekskul ini diharapkan dapat tersalurkannya bakat siswa SMP Labschool Cibubur dan diharapkan dapat membawa prestasi dalam kompetisi voli yang diikuti.

  1. Pencak Silat

Pencak silat merupakan ekstrakurikuler bela diri yang akan dibuka pada 2013 ini. Seni bela diri Tapak Suci adalah aliran yang akan dipakai untuk peserta pencak silat di SMP Labschool Cibubur. Tapak suci berasaskan Islam yang bersumber pada Al-Quran dan As-Sunnah. Dengan bimbingan pelatih, pencak silat Tapak Suci dapat melestarikan budaya bangsa yang luhur dan bermoral, serta mengabdikan ilmu untuk perjuangan agama, bangsa, dan negara.

  1. Taekwondo

Ekstrakurikuler taekwondo olahraga bela diri asal Korea yang berkembang sangat baik di Indonesia. Taekwondo merupakan senin bela diri gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olahraga, olah tubuh, hiburan dan filsafat.

Seni bela diri ini terdiri dari beberapa materi, yaitu rangkaian jurus, teknik pemecahan benda keras, dan pertarungan. Dengan bimbingan pelatih yang berpengalaman diharapkan siswa dapat melindungi dirinya sendiri, dapat mengikuti berbagai perlombaan dan dapat mengharumkan nama sekolah.

Prestasi yang pernah dicapai adalah:

  • Juara 1, 2, dan 3 dalam Lomba Taekwondo JTF di POPKI Jakarta pada tahun 2013.