Apresiasi Pendidikan Keluarga Penghargaan Sekolah Keren 2017 Tingkat Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan SMP Labschool Cibubur
Jambore Dunia, Jepang. Pengalaman belajar, bersosialisasi, serta bersahabat dengan warga dunia
Kaderisasi Siswa Teladan Mandiri Indonesia (Ksatria)
Jalan Sehat Onelabs - semanat untuk nusantara
Kegiatan LC2JP 2016 - Labschool Cibubur Challenge Japan Program - Fukuoka - Tokyo
Grup tari dan musik tradisi DANADYAKSA BUDAYA SMP Labschool Cibubur meraih prestasi yang membanggakan pada ajang The 7th International Folklore Festival “INTERFOLK” 2014 yang berlangsung di kota Saint Petersburg, Russia, 14 – 18 November 2014.
Danadyaksa Budaya Indonesia - Juara 1 Grand Prix Festival Dancing Catalonia - Spanyol
SAKTI 2018 - "Pemimpin yang santun dan peduli"
Written by administrator_smpcbb   
 

Studi Apresiasi Kepemimpinan Teladan Indonesia (SAKTI) 2018

“Pemimpin yang santun dan peduli”

image1 4

Membentuk pemimpin yang santun dan peduli merupakan tujuan dari kegiatan SAKTI 2018. Kegiatan yang sudah dilaksanakan di tahun ke-tujuh ini bekerjasama dengan Denharrahlat KOSTRAD Sangga Buana – Karawang pada tanggal 2 – 4 Maret 2018. SAKTI 2018 diikuti sebanyak 221 siswa kelas 7 dan 6 siswa kelas 8. Keseluruhan peserta pun terbagi menjadi 10 kelompok putra dan 10 kelompok putri. Selama Pra-SAKTI dan SAKTI seluruh kelompok menentukan pemimpin kelompoknya masing-masing.

 s1  s2

SAKTI 2018 diawali dengan kegiatan briefing sebelum melaksanakan kegiatan Pra-SAKTI dan SAKTI. Kegiatan Pra-SAKTI pun dilaksanakan di sekolah pada tanggal 27 – 28 Februari 2018 dengan bimbingan langsung OSIS dan MPK Ravaraza Aranta Virezha (RAVZHA) dan Bapak-bapak Pelatih KOSTRAD Sangga Buana. Seluruh peserta mengikuti kegiatan Pra-SAKTI dengan baik guna mempersiapkan diri untuk mengikuti SAKTI di KOSTRAD Sangga Buana. Kegiatan Pra-SAKTI diantaranya: apel pembukaan, olahraga pagi, mentoring oleh OSIS/ MPK, menyanykan lagu-lagu SAKTI, makan komando, membuat yel-yel, pelatihan baris berbaris, mengecat tongkat dan membuat vandel kelompok.

 s3  s4

Seluruh peserta SAKTI 2018 mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan dengan baik. Diawali dengan apel pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta SAKTI 2018, Bapak/Ibu Guru, Pimpinan Sekolah, BPS, POMG dan WOTK. Selepas apel, seluruh peserta pun menuju Denharrahlat KOSTRAD Sangga Buana menggunakan bis. Setibanya di sana seluruh peserta disambut oleh Bapak-bapak pelatih KOSTRAD Sangga Buana dengan apel pembukaan dan parade formasi baris berbaris dari siswa binaan KOSTRAD Sangga Buana. Peserta SAKTI 2018 semangat mengawali kegiatan dengan menaiki tangga berjumlah ratusan anak tangga menuju barak tempat menginap.

 s5  s6

Sesampainya seluruh peserta di barak masing-masing, pelatih pun memanggil untuk berkumpul di lapangan utama dengan menyalakan meriam dan membunyikan peluit. Di lapangan utama peserta pun dipimpin untuk makan komando diawali mengambil makanan dengan tertib menggunakan ompreng. Kemudian kegiatan pun dilanjutkan dengan sholat jumat berjamaah bagi siswa putra beragama Islam, sholat zuhur berjamaa bagi siswa putri beragama Islam, keputrian bagi siswa yang berhalangan, serta ibadah siang bagi siswa beragama Hindu dan Kristen bersama guru agama masing-masing. Selepas beribadah, kegiatan dilanjutkan dengan materi kepemimpinan oleh Bapak Wakil Komandan KOSTRAD Sangga Buana. Sejalan dengan materi yang disajikan, kegiatan pun dilanjutkan dengan pelatihan baris berbaris yang dipimpin oleh Bapak-bapak pelatih KOSTRAD. Kegiatan ini sebagai wujud penerapan disiplin, tertib, dan solidaritas. Kegiatan dilanjutkan dengan makan komando di sore hari, bersih diri, dan ibadah sholat maghrib dan isya bagi siswa beragama Islam.

 s7  s8

Selepas ibadah seluruh peserta mengikuti kegiatan penyalaan api unggun oleh empat perwakilan siswa, fashion show dengan pakaian adat daerah, serta pentas seni yel-yel dan menyanyikan lagu daerah. Seluruh kelompok bersemangat untuk menampilkan yang terbaik selama pentas seni berlangsung. Kegiatan pun dilanjutkan dengan istirahat malam di barak masing-masing kelompok.

 s10  s11

Mengawali pagi dengan kegiatan sholat subuh berjamaah bagi siswa beragama Islam disertai kultum, ibadah pagi bagi siswa beragama Kristen dan Hindu bersama guru agama masing-masing. Kegiatan selanjutnya yaitu senam pagi serta sarapan pagi dengan makan komando. Setiap kegiatan SAKTI hal yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta yakni outbond kepemimpinan yang di laksanakan sebanyak 7 pos, diantaranya: turun tebing, rapeling simulator helicopter, lempar pisau, spider web, titian bergoyang, ayunan tali, dan titian tali. Seluruh pesreta bersemangat sambil menyanyikan lagu-lagu SAKTI.

 image1 2 image1 3 

Selepas istirahat, sholat berjamaah bagi siswa muslim, dan makan siang komando, seluruh peserta mengikuti kegiatan penjelajahan di sawah dan kali di dekat tempat latihan KOSTRAD Sangga Buana. Di sisi lain POMG serta WOTK melaksanakan kegiatan bakti sosial dengan masyarakat sekitar KOSTRAD Sangga Buana, mulai dari: pelayanan periksa gigi, periksa kesehatan, donor darah, dan bazar sembako murah. Kolaborasi erat keikutsertaan orangtua dengan pihak sekolah dalam tiap kegiatan, menjadikan pendidikan di SMP Labschool Cibibubur sebagai pendorong pendidikan terintegrasi dan kolaboratif.

mengikuti kegiatan pelatihan baris berbaris, sholat berjamaah bagi siswa beragama Islam, ibadah sore bagi siswa beragama Hindu dan Kristen bersama dengan guru agama masing-masing. Siswa beragama Islam pun mengisi kegiatan selepas sholat dengan kultum dan tilawah Al-Quran bersama-sama. Malamnya seluruh peserta mendapatkan materi mengenai bahaya narkoba oleh Bapak Viktor dari Badan Narkotika Nasional (BNN) kemudian istirahat malam.

Keesokan harinya selepas ibadah sholat subuh berjamaah bagi siswa muslim, dan ibadah pagi bagi siswa beragama Hindu dan Kristen, seluruh peserta melakukan bersih diri, sarapan pagi bersama, berfoto membentuk tulisan SAKTI 2018 di lapangan utama, apel penutupan, serta pemberian penghargaan bagi peserta terbaik (putra dan putri) SAKTI 2018 serta kelompok terbaik (putra dan putri) SAKTI 2018. Semoga dengan kegiatan pembentukan karakter dan kepemimpinan ini menjadikan pemimpin bangsa yang santun dan peduli. Labschool, Jaya!

 image2 1 image3