Apresiasi Pendidikan Keluarga Penghargaan Sekolah Keren 2017 Tingkat Nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan SMP Labschool Cibubur
Jambore Dunia, Jepang. Pengalaman belajar, bersosialisasi, serta bersahabat dengan warga dunia
Kaderisasi Siswa Teladan Mandiri Indonesia (Ksatria)
Jalan Sehat Onelabs - semanat untuk nusantara
Kegiatan LC2JP 2016 - Labschool Cibubur Challenge Japan Program - Fukuoka - Tokyo
Grup tari dan musik tradisi DANADYAKSA BUDAYA SMP Labschool Cibubur meraih prestasi yang membanggakan pada ajang The 7th International Folklore Festival “INTERFOLK” 2014 yang berlangsung di kota Saint Petersburg, Russia, 14 – 18 November 2014.
Danadyaksa Budaya Indonesia - Juara 1 Grand Prix Festival Dancing Catalonia - Spanyol
Kautsar 2018
Written by administrator_smpcbb   

PESANTREN KAUTSAR SMP LABSCHOOL CIBUBUR,

MENJADI REMAJA MUSLIM JUARA

Guna mempersiapkan generasi pemimpin masa depan yang berkepribadian Islami dan tangguh, SMP Labschool Cibubur mengadakan kegiatan Pesantren KAUTSAR 1439 H. Kegiatan ini mengusung tema “Menjadi Remaja Muslim Juara”. Hal ini sejalan dengan tema SMP Labschool Cibubur pada tahun ajaran 2018/2019, yakni “Labschool Juara”. Sesuai dengan tema tersebut, kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan siswa SMP Labschool Cibubur menjadi remaja muslim juara. Tidak hanya juara dalam bidang akademik, tetapi juga juara dalam bidang keagamaannya.

Kegiatan Pesantren KAUTSAR 1439 H dilaksanakan pada 30 Agustus sampai dengan 1 September 2018 di SMP Labschool Cibubur. Peserta kegiatan KAUTSAR adalah 230 siswa SMP Labschool Cibubur yang terdiri atas 228 siswa kelas 7 dan 2 siswa kelas 8, yang terbagi menjadi 10 kelompok putra dan 10 kelompok putri. Pembimbing kegiatan ini adalah 20 guru SMP Labschool Cibubur. Pada kegiatan ini, SMP Labschool Cibubur mengundang pembicara-pembicara yang andal dalam bidangnya, yakni Drs. H. Uswadin, M.Pd., Ustaz Hilman Al Madani, Ustaz Nunu Zainul Fuad, S.Si., Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., Ustaz Abu Takeru, dan Quran Institute UNJ.

Pesantren KAUTSAR 1439 H menyiapkan berbagai program kegiatan yang dirancang dengan format yang menarik, kreatif, menantang, dan seru dalam penyampaian materinya. Semua peserta harus mengikuti semua kegiatan untuk mendapatkan Award KAUTSAR.

Dalam kegiatan ini, para siswa dibekali materi keislaman oleh para pembicara, lalu dilanjutkan dengan melakukan mentoring, yakni kegiatan berkumpul kelompok untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu dengan dibimbing oleh kakak mentor. Kegiatan mentoring dapat dimanfaatkan untuk membuat yel-yel dan kreativitas kelompok, serta menyelesaikan target hafalan surat pendek maupun Asmaul Husna. Kemudian, para siswa pun melakukan tadarus Al-Quran dan tahsin Quran yang dibimbing oleh Quran Institute UNJ.

pembekalan materi oleh pembicara edit

Pembekalan Materi oleh Pembicara

mentoring edit

Kegiatan Mentoring (Aktivitas Kelompok)

tahsin edit

Tahsin Quran oleh Quran Institute UNJ

Untuk mengasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri peserta, para siswa melakukan kegiatan Youth Moslem Leadership. Permasalahan-permasalahan yang ada perlu dihadapi oleh peserta dengan pengambilan keputusan yang berkualitas. Kepercayaan diri, kemampuan untuk memimpin kelompok, kemandirian dan kemampuan untuk mengayomi dari para peserta akan digali dan dipelajari sebagai suatu bekal dalam kepemimpinan mereka di kehidupan sehari–hari.

youth moslem leadership edit

Youth Moslem Leadership

youth moslem leadership2 edit

Youth Moslem Lezdership

youth moslem leadership3 edit

Youth Moslem Leadership

Selain itu, dalam kegiatan Pesantren KAUTSAR, para siswa diuji wawasan keagamaannya dengan melakukan Kautsar Competition. Materinya berisi tentang potongan ayat Al-Quran, hadist, hukum-hukum Islam, sejarah Islam dan tokoh-tokoh Islam serta Islam dalam dunia modern. 

Siswa yang mampu melaksanakan kegiatan ini dengan sangat baik mendapatkan apresiasi berupa Award KAUTSAR. Award KAUTSAR diberikan kepada beberapa siswa dengan kategori Peserta dan Kelompok Terbaik Putra dan Putri. Peserta Terbaik Putra adalah Attala Aufarrafi, Peserta Terbaik Putri adalah Alisha Nadhifah Utomo, Kelompok Terbaik Putra adalah Kelompok 2 dengan nama kelompok “Thalhah bin Ubaidillah”, dan Kelompok Terbaik Putri adalah Kelompok 8 dengan nama kelompok “Asma binti Abu Bakar”. Selamat untuk para juara!

terbaik putra putri edit

Peserta Terbaik Putra dan Putri

kelompok terbaik edit

Kelompok Terbaik Putra dan Putri

Kegiatan Pesantren KAUTSAR yang dilaksanakan setahun sekali ini sangat patut untuk dipertahankan demi mewujudkan motto Labschool, yakni Iman, Ilmu, dan Amal. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pembekalan sekaligus peningkatan keimanan dan ketakwaan bagi para siswa, khususnya yang beragama Islam, serta mampu menumbuhkan karakter positif siswa dan menambah wawasan keagamaan serta persaudaraan antarsiswa.[ssk]