Salah satu siswa sedang membaca al-quran dalam kegiatan MOS
Salah satu siswa peserta pelantikan ekstrakurikuler Pramuka yang sedang dilantik dan siap mengamalkan Dasa Dharma Pramuka
Dua pilar utama dari Tujuh Nilai Dasar Labschool, yaitu Berdaya Juang Kuat dan Mandiri dalah dua nilai yang sering dikumandangakan secara ceremonial
Penyambutan kepada siswa baru oleh Kepala SMP Labschool Kebayoran Bapak Ukim KOmarudin di acara Labs Fresh School Day
Kegiatan Student Exchange di SMP Labschool Kebayoran yang melibatkan siswa asing
Acara ACEX 2015 di SMP Labschool Kebayoran yang memadukan unsur sportivitas, pendidikan dan kecintaan kepada budaya
Unjuk kebolehan siswa SMP Labschool Kebayoran sekaligus mempromosikan Ekstra Kurikuler (Ekskul) yang mereka ikuti
Kegiatan Student Exchange di SMP Labschool Kebayoran yang melibatkan siswa asing
Asean Plus Three Junior Science Odyssey (APT-JSO) 2015
 APT JSO
 

(Oleh: YulindaAsnita, Guru IPA SMP LabschoolKebayoran)

APT-JSO Merupakan wadah bagi siswa-siswi cerdas dan berbakat di bidang Science yang berasal dari negara ASEAN untuk saling berkompetisi, bertukar ilmu dan pengalaman di bidang Science. Selain negara ASEAN kompetisi ini diikuti oleh Korea, Taiwan, Sweden. APTJSO diselenggarakan setiap tahun sejak 2012, pertama kali dilaksanakan di Brunei Darussalam,lalu di Korea Selatan, Thailand , dan tahun ini di Indonesia. Filipina akan menjadi tuan rumah untuk  APTJSO 2016. Bidang lomba terdiri dari Poster Presentation: Mempresentasikan hasil penelitian yang telah dikerjakan sebelumnya di sekolah masing-masing dengan pendekatan langkah kerja ilmiah (scientific approach).Tahun ini mengambil tema mengenai tumbuhan lokal dari negara peserta yang berguna bagi masyarakat. 

 

SMP Labschool Kebayoran mengirim ananda Izza Rizwana, Aishya Rannan Elysia dan Azer Fauzan Isyq Siagian. Selanjutnya, Labskill Assessment: Menguji kemampuan laboratorium para peserta dibagi menjadi 4 kategori. Biologi dengan materi mengamati fotosintesis mikroalga, mengamati pengaruh cahaya terhadap proses fotosintesis mikroalga, mengamati bentuk sel mikroalga, menghitung pergerakan sel mikroalga. Kimia dengan materi  titrasi sampel dengan NaOH. Fisika dengan materi Harvestingmicroalgae, cara memanen mikroalga, mengolah mikroalga, menghitung perputaran roda alat pengolah mikroalga. Selanjutnya, Inovasi: Membuat makanan menggunakan mikroalga (Spirulina cookie), menghitung dan mengkonversikan bahan-bahan menjadi sendok teh atau sendok makan. BerikutnyaadalahTeam Project : Pembentukan grup yang anggotanya terdiri atas negara yang berbeda-beda dengan anggotanya 8-9 orang. Selainitu, pesertajugamengadakan Fieldtrip ke Baruna Jaya Research Vessel: Tim dinamakan dengan warna, nama peserta dan kelompok sudah ditentukan lebih awal dan dicantumkan pada program book, Team leader ditentukan berdasarkan disksusi anggota kelompok, Tim berdiskusi untuk membuat projek sesuai tema yang kemudian akan dipresentasikan,Tim juga diminta untuk membuat sebuah blog berisi tentang projek yang dibuat oleh tim. Selain itu juga ada Cultural Performance dan Kunjungan ke TMII: Anjungan Sumatera Barat dan PPIPTEK TMII.

 

Adapun prestasi yang diperoleh SMP Labschool Kebayoran adalah Silver medal for Labskill Assesment Innovation Gold medal for Team Project Presentation (Red Team) atas nama Izza Rizwana.

 

BERITA TERBARU